Movie Review [Secret Zoo] Komedi Tentang Kebun Binatang Yang Menggelitik Dengan Isu Lingkungan Hidup

Selasa, Februari 18, 2020 0 Comments A+ a-

Movie Review [Secret Zoo] Komedi Tentang Kebun Binatang Yang Menggelitik Dengan Isu Lingkungan Hidup. Apa jadinya ya kalau Kebun Binatang tetapi tidak punya koleksi binatang? Kang Tae Soo, pengacara sementara dari firma hukum ternama diberi tanggung jawab mengelola Kebun Binatang Dongsan Park yang hampir bangkrut. Tae Soo hanya diberi waktu selama 3 bulan agar Kebun Binatang tersebut bisa dijual dengan harga tinggi. Apa yang akan dilakukan Tae Soo untuk membuat Dongsan Park ramai kembali? Apa saja yang bisa dilakukan keempat pegawai Dongsan Park yang tersisa demi membantu Tae Soo? Yuk simak ulasannya!


     Awal tahun 2020, Industri Film Korea Selatan menyuguhkan film menarik yang menggelitik dan menghibur. Apalagi tema yang diangkat cukup unik yaitu tentang kebun binatang yang hampir bangkrut karena koleksi binatangnya sebagian habis terjual. Dan para pegawai yang memakai kostum binatang demi mengisi kekosongan kebun binatang Dongsan Park yang hampir bangkrut.

     Secret Zoo merupakan film adaptasi dari webtoon yang berjudul Haechijiana karya Hun yang mulai rilis pada September 2011 hingga April 2012. Film ini hadir di Korea Selatan pada tanggal 15 Januari 2020. Di Indonesia mulai tayang 05 Februari 2020 di CGV Indonesia. 

     Secret Zoo disutradarai oleh Son Jae Gon, sedang produser film ini adalah Ko Dae Suk yang juga memproduseri film Korea yang fenomenal berjudul Extreme Job. Di Korea Selatan, film Secret Zoo sukses dipasaran dengan mendatangkan lebih dari 1.2 juta penonton di minggu pertama penayangannya. Penasaran dengan review Secret Zoo ini? Yuk simak ulasannya!

Baca juga : Sail & Dinner : Sunda Kelapa The Beginning | Part I


   
     Kang Tae Soo (Ahn Jae Hoong), pengacara sementara dari firma hukum ternama yang kesulitan menghadapi klien Chaebol (sebutan untuk orang kaya di Korea Selatan) yang ia urus. Namun kesempatan tiba-tiba muncul ketika dia diberikan tanggung jawab dalam mengelola kebun binatang Dongsan Park yang hampir bangkrut.

     CEO Hwang (Park Hyuk Kwon) menjanjikan Tae Soo sebagai pengacara tetap jika dia berhasil menghidupkan dan meramaikan Dongsan Park. Tujuannya agar harga jual dari Dongsan Park yang hampir bangkrut itu kembali naik.

     Kang Tae Soo yang ditunjuk menjadi Direktur Dongsan Park yang baru, terkejut ketika melihat koleksi binatang yang ada di kebun binatang tersebut dijual. Di kantor Dongsan Park pun hanya ada empat karyawan yang tersisa, Han So Won (Kang Sora) Dokter Hewan, Direktur Seo (Park Young Gu) yang jabatannya sudah diganti oleh Tae Soo, Kim Gun Wook (Kim Sung Oh) serta Kim Hae Kyung (Jeon Yeo Bin).

     Disaat Tae Soo bingung dan putus asa karena tidak menemukan cara untuk menghidupkan kembali kebun binatang itu, tiba-tiba ide gila muncul dibenaknya. Yaitu membuat kostum binatang semirip mungkin yang akan dikenakan para karyawan Dongsan Park untuk mengisi kekosongan kebun binatang tersebut.


   
    Karena Tae Soo diberi wewenang penuh dan dana untuk menghidupkan kembali Dongsan Park. Maka dia pun mendatangi seorang ahli pembuat kostum ternama yang dapat membuat kostum hewan dengan detail. Walau ditentang oleh Dokter Han, namun pada akhirnya keempat karyawan Dongsan Park itu terpaksa harus melakukan ide gila Tae Soo tersebut.

    Direktur Soe menjadi beruang, Gun Wook menjadi gorilla, Hae Kyung menjadi kukang dan Dokter Han menjadi singa. Mereka berlatih cara berjalan dan tampil semirip mungkin dengan binatang yang mereka tiru.



       Permasalahan muncul ketika kostum yang sudah jadi mulai dipakai keempat karyawan Dongsan Park tersebut. Kostum tersebut tidak nyaman, mulai dari bahan yang panas, kesulitan bernafas, serta gatal-gatal di tubuh.

     Tae Soo tidak memakai kostum karena dia harus mengawasi keempat karyawan yang menyamar tersebut. Namun Direktur Seo kelelahan dan terpaksa tidak bisa melanjutkan. Oleh karena itu Tae Soo yang menggantikannya.

     Kejadian lucu pun dimulai ketika Tae Soo yang kehausan saat memerankan si beruang. Tae Soo ketahuan sedang meminum sebuah botol coca-cola yang dilempar pengunjung ke kandang beruang. Dan kejadian itu terekam kamera salah satu pengunjung dan diunduh ke sosial media. Viral-nya aksi beruang meminum coca-cola membuat kebun binatang Dongsan Park kembali ramai dikunjungi.



     Akan tetapi dengan ramainya pengunjung Dongsan Park, bukan berarti masalah selesai. Karena ada banyak pihak yang berkepentingan dan ingin mengambil keuntungan dari dijualnya kebun binatang tersebut.

     Bagaimanakah nasib Dongsan Park selanjutnya? Apakah Tae Soo bisa menutupi penipuan dari binatang-binatang palsu di Dongsan Park? Bagaimana nasib keempat karyawan yang menggantungkan hidupnya di kebun binatang tersebut?



     Film Secret Zoo cukup menghibur dengan komedi-komedi jenaka yang diperankan oleh setiap pemainnya. Apalagi saat mereka mulai berlatih memakai kostum binatang palsu tersebut. Dokter Han yang selalu gatal-gatal dan hampir ketahuan pengunjung, lalu Direktur Seo yang punya masalah pinggang karena faktor usia. Ada Hae Kyung, si kukang yang mirip Chewbacca dari seri Star Wars Movie. Serta Gun Wook, gorilla pemarah namun diam-diam menyukai Hae Kyung.

    Dari awal film, komedi yang ditampilkan cukup menggelitik, terutama ketika Tae Soo mengatakan "Tidak mungkin pengunjung tahu kalau binatang-binatang ini palsu, karena memang ini kan Kebun Binatang!". Akan tetapi ketika Tae Soo menyadari kesalahannya, dia mengatakan "Sebagus apapun Kebun Binatang, tetap penjara bagi para hewan".

    Namun sayangnya, eksekusi dari film ini dirasa kurang mumpuni untuk menjadi film yang kocak secara keseluruhan. Seperti bukan film yang memorable bagi para penikmat film-film Korea. Walau mengangkat isu lingkungan hidup, tetapi pada akhir film, tidak begitu dijelaskan dengan detail bagaimana pengelolaan Dongsan Park. Hanya ada presentasi dari pemilik baru kebun binatang tersebut.

Baca juga : Moview Review [Extreme Job] Film Komedi Yang Pecah & Bikin Ketawa Ngakak



     Di film drama komedi Secret Zoo juga ada efek CGI (Computer Generated Imagery) loh! Walau sedikit yang ditampilkan, tetapi tidak terlihat berbeda dengan aslinya. CGI yang kurang wah cukup tertutup dari kostum binatang palsu yang mirip dengan binatang aslinya. Dari segi scroling (musik latar), film ini juga dirasa pas dalam tiap adegan. Jika adegan lucu, ada scroling yang unik pun dengan adegan sedih di film ini.

   Yang saya suka dari film ini adalah tidak adanya pemaksaan romansa antara tokoh utama. Mungkin kalian akan mengira ada kisah cinta antara Dokter Han dan juga Kang Tae Soo. Namun hal itu tidak terjadi, justru cinta segitiga antara Hae Kyung, Gun Wook dan Sung Min (Jang Seung Jo) yang membuat konflik makin rumit di film ini.
 


     Lelucon-lelucon dari film Secret Zoo memang tidak se"pecah" film-film komedi sebelumnya. banyak juga reviewer yang mengatakan film ini tidak begitu lucu dan kurang greget. Namun saya menikmati akting lucu dari setiap pemainnya. Terutama Ahn Jae Joong yang ciamik serta Kang So Ra yang melengkapi konflik di film ini.

     Gak lupa juga akting Park Young Gyu, Direktur Seo yang selalu merasa gagal karena membuat Dongsan Park hampir bangkrut dan hanya tersisa tiga karyawan saja. Akting sebagai pria tua renta membuatnya banyak menyumbang adegan-adegan lucu di film ini. Kim Sung Oh yang sering menjadi antagonis, tampil lucu juga disini walau banyak adegan marah-marah layaknya gorilla yang dia perankan. Yeon Seo Bin yang imut makin komplit memerankan kukang yang lambat.


 
     Di minggu ketiga penayangannya di Indonesia, hanya dua bioskop di Jakarta yang menayangkan film ini. Karena ada 3 film Korea yang tayang termasuk film Parasite yang diputar ulang oleh CGV Indonesia. Nah buat kamu yang mau nonton di bioskop, bisa segera dijadwalkan. Jangan sampai film sudah tidak ada lagi di CGV Indonesia.

    Karena film ini memiliki rate 13+, jadi pastikan kamu bijak dalam menonton film ya! Terutama bagi para orang tua yang hendak mengajak anaknya nonton film di bioskop. Walau film ini tentang kebun binatang, tetapi ada rate 13+ sehingga hanya anak diatas umur 13 tahun saja yang seharusnya boleh menonton. Bijaklah memilih film untuk anak anda yang sesuai umurnya.

     Bagi kamu yang mau nonton di bioskop, jangan lupa jaga kebersihan dan kenyaman selama menonton film. Bawa sampah makananmu ke tempat sampah yang disediakan petugas bioskop. Jangan pernah meninggalkan sampah makananmu di kursi penonton.

      Buat yang udah nonton, yuk berikan komentarmu tentang film Secret Zoo ini!


Secret Zoo (해치지않아)

Rate : 13 +

Genre : Drama Comedy

Durasi : 117 min

Produser : Ko Dae Suk

Sutradara : Son Jae Gon

Pemain : Ahn Jae Hoong, Kang Sora, Park Young Gyu, Kim Sung Oh, Jeon Yeo Bin, Jang Seung Jo, Park Hyuk Kwon, Seo Hyun Woo.

Rating : ★★★★☆

TRAILER SECRET ZOO