Awet Hingga 6 Bulan! Begini Cara Simpan Bawang Putih Di Kulkas! [Tips Ala NPDFriends]

Sabtu, Februari 12, 2022 0 Comments A+ a-

 Awet hingga 6 bulan! Begini cara simpan bawang putih di Kulkas! Pernah gak sih dibikin ribet sama urusan kupas mengupas bawang putih? Apalagi kalau untuk jumlah yang besar dan sering digunakan setiap kali memasak makanan. Mungkin sebagian orang hanya menyimpan bawang putih di suhu ruang saja sudah cukup. Akan tetapi, apakah awet bawang putih disimpan hingga 6 bulan? Nah NPDFriends punya tips nih buat kamu yang pengen simpan bawang putih di Kulkas dan tahan hingga 6 bulan loh! Mau tahu tips-nya? Yuk simak!


     Hai NPDFriends. Gak kerasa ya sebentar lagi memasuki bulan suci Ramadhan. Buat teman-teman Muslim, sudah mempersiapkan apa saja nih untuk menyambut Ramadhan? Pastinya sudah mulai mencari menu resep Ramadhan yang praktis dan gak pake ribet ya? Jelas, saya pun begitu. Bahkan channel Youtube tentang tips memasak dan menu hidangan Ramadhan pun sering saya tonton. 

     Selain menu resep yang saya cari, ada juga beberapa tips cara penyimpanan bumbu dapur. Terutama cara simpan bawang putih. Satu tips yang membuat saya tertarik untuk mencobanya adalah ketika saya menonton channel youtube William Gozali tentang cara menyimpan bawang putih yang awet hingga 6 bulan. 

     Wow! Bisa selama itu loh terutama disimpan di Kulkas. Sebelum saya menonton dan mencoba mempraktekkannya, saya hanya menyimpan bawang putih di suhu ruang saja. Hanya diletakkan di wadah plastik dan sayangnya hanya bertahan sebulan saja. Itu pun kualitas bawang putihnya sudah berkurang. 

     Nah, biar kamu bisa menyimpan bawang putih yang awet selama 6 bulan, NPDFriends akan menulis tipsnya nih! Apa saja langkahnya?


1. Siapkan Bawang Putih Yang Segar

  

  Di pasaran, ada tiga jenis bawang putih yaitu Lokal, Honan & Kating. Jenis Kating lebih mahal harganya namun kualitasnya lebih bagus dan lebih wangi jika dimasak. Varian Lokal cenderung lebih kecil dan juga agak sulit mengupas kulit bawang putihnya. Kamu juga bisa beli bawang putih yang sudah dikupas, namun pastikan kualitasnya ya. Jangan sampai ada bagian bawang putih yang menghitam.      

     Kalau kamu membeli bawang putih yang masih utuh, pastikan bagian kulit atasnya kering dan pangkal bawahnya tidak menghitam. Cara mengupasnya pun tidak terlalu sulit. Biasa menggunakan pisau, atau kamu bisa memasukkannya ke dalam wadah tertutup. Kocok dengan kuat hingga kulit bawang putih mengelupas. 


2. Kupas Dan Cincang Bawang Putih


    

     Seperti yang sudah disebutkan tadi, mengupas bawang putih juga bisa memakai berbagai cara. Pakai Pisau namun khusus untuk jumlah yang tidak terlalu banyak. Jika jumlah bawang putihnya bisa lebih dari satu kilo, sebaiknya gunakan cara lain. Misalnya memakai wadah toples yang ada penutupnya. Masukkan bawang putih yang masih ada kulitnya ke dalam topless. Tutup rapat topless, lalu kocok toples berkali-kali hingga kulit bawang putih terkelupas. 

     Saya sendiri masih menggunakan pisau biasa untuk membuka bawang putih Kating yang saya beli. Karena tentu saja jumlahnya tidak terlalu banyak sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama. Dan pastikan buang bagian bawang putih yang menghitam atau tidak segar ya.



     Saya mencincang bawang putih hanya menggunakan pisau dapur biasa. Agak merepotkan memang terutama jika ingin cincangannya lebih halus. Namun saya masih memakai cara konvensional karena bawang putih yang saya simpan jumlahnya tidak banyak, hanya 2 ons saja. 

     Jika kamu ingin memakai cara lain dalam mencincang bawang putih, bisa memakai Food Proseccor yang praktis dan cepat. Kamu masukkan saja bawang putih yang sudah dikupas ke dalam wadah Food Processor, lalu giling halus hanya 3-5 menit saja. Tidak disarankan mencincang hingga halus karena nanti bawang putih akan berubah menjadi pasta. 


3. Masukkan Bawang Putih Cincang Ke Dalam Wadah


     Jika bawang putih yang dicincang sudah siap, bisa masukkan ke dalam wadah. Bisa berupa Topless, Jar, Plastik Ziplock, Kontainer kecil. Pastikan bisa kedap udara ya agar kualitas bawang putih terjaga selama dimasukkan ke dalam Kulkas. 

     Saya sendiri memakai wadah Jar yang saya beli di IKEA. Cukup praktis karena jar bening sehingga isian di dalam wadah dapat terlihat. Ada penutup kedap udara juga.


4. Siram Dengan Minyak

    Kenapa bawang putih cincang harus disiram ke dalam minyak? Agar saat menyimpanan dalam Kulkas lebih awet dan tidak mengering. 

     Minyak yang digunakan tidak disarankan memakai minyak sayur atau minyak kelapa sawit. Dikarenakan akan membeku dalam suhu kulkas. Oleh karena itu, minyak yang dapat digunakan antara lain : minyak zaitun, minyak jagung, minyak biji anggur, minyak kanola. Harganya memang lebih mahal dari minyak biasa. Namun jika dimasukkan dalam Kulkas, jenis minyak yang disebutkan tadi tidak akan menggumpal dan mengeras. 

     Bawang putih yang sudah tercincang dan masuk ke dalam wadah, disiram minyak sampai tertutup. Tidak perlu terlalu berlebihan menyiramnya, hanya sampai bawang putih cincang terendam dengan minyak sepenuhnya. Kamu bisa juga menggunakan minyak tersebut untuk memasak.


5. Masukkan Ke Dalam Kulkas


     Setelah minyak sudah disiram ke dalam wadah, tutup rapat wadah dan masukkan ke dalam Kulkas. Cukup menyimpannya di Freezer dan bawang putih cincang akan tahan selama 6 bulan!

     Tips lainnya adalah, ketika kamu ingin memasak dan memakai bawang putih cincang di Kulkas, pastikan menggunakan sendok yang bersih dan belum digunakan. Menjaga agar bawang putih cincang tidak terkontaminasi dengan cairan atau bakteri yang ada di sendok. 


      Lumayan praktis untuk kamu yang ingin memasak cepat anti ribet. Apalagi masakkan apapun pasti membutuhkan bawang putih. Saya sendiri cukup terbantu dengan tips menyimpang bawang putih cincang di Kulkas. Apalagi jika sudah memasukki bulan Ramadhan yang harus ekstra cepat dan praktis memasak. 


    Sekian tips sederhana dari NPDFriends. Kamu bisa juga lihat channel Youtube William Gozali untuk melihat secara detail prakteknya seperti apa. Dan jika ada tips menarik lainnya atau ada kritik dan saran, bisa kamu kirim komen di artikel ini. Salam Sehat Semua....