Wajib Coba! Restoran Jepang Di Kawasan Industri MM2100 Cibitung

Selasa, Februari 26, 2019 2 Comments A+ a-

Wajib Coba! Restoran Jepang di Kawasan Industri MM2100 Cibitung Jawa Barat. What? Ko bisa ada restoran Jepang di dalam kawasan industri? Ada loh, ada banget dan ini uda terkenal terutama bagi expatriat (orang asing) asal Jepang yang kebetulan lagi ijin menetap di Indonesia. Terus dimana lokasi tepatnya? Yuk ikuti serunya berburu makanan jepang otentik di Kawasan Industri MM2100 Cibitung.


Nama & Lokasi Restoran

Restoran Jepang yang kali ini akan saya review bernama Asuka Japanese Restaurant. Buat yang pernah bekerja ataupun menetap di kawasan industri ini, pasti sudah kenal MM2100 Cibitung. Yaitu kawasan Industri yang cukup besar di daerah Cibitung. Berbagai perusahan besar ada disini seperti Mayora, Denso, Paramonth Bed dan perusahan besar lainnya. Kalau yang tinggal di luar Cibitung, semisal Bekasi, Depok, Jakarta dan lain-lain, memang agak cukup rumit lokasinya. Tetapi buat kalian yang mengendarai mobil, masuk tol arah cikampek saja. Lalu kalian keluar gerbang tol Cibitung. Ambil kearah Kawasan Industri MM2100 dan nanti akan banyak nama jalan yang berasa dari pulau-pulau di Indonesia. 

Asuka Restoran berada di dalam Asuka Hotel. Kalian bisa masuk melalui lobby utama, atau kalau berkendara dengan motor, kalian bisa lewat pintu belakang hotel. Alamat lengkap Asuka Japanese Restaurant yaitu di Serviced Apartemen Lantai Dasar, Kawasan Industri MM2100 Blok GG, Jalan Jawa, Gandamekar - Danau Indah, Cikarang Barat, Bekasi - Jawa Barat 17520.


Jam Buka

Karena Asuka Japanese Restaurant ini berada di dalam Asuka hotel, oleh karena itu ada 3 jadwal buka. Yaitu untuk Sarapan, Makan Siang serta Makan Malam. Berikut jadwalnya :

Senin    : 5.30-9AM, 11.30AM-2PM, 5-11PM
Selasa   : 5.30-9AM, 11.30AM-2PM, 5-11PM
Rabu     : 5.30-9AM, 11.30AM-2PM, 5-11PM
Kamis   : 5.30-9AM, 11.30AM-2PM, 5-11PM
Jumat    : 5.30-9AM, 11.30AM-2PM, 5-11PM
Sabtu    : 5.30-9.30AM, 11.30AM-2PM, 5-10PM
Minggu : 5.30-9.30AM, 11.30AM-2PM, 5-10PM


Pelayanan

Ko langsung bahas pelayanannya? Butuh info menu donk nih! Eitssss.. tenang, jangan buru-buru ah. Kita bahas dulu pelayanannya karena berbeda dari restoran Jepang pada umumnya. Restoran ini benar-benar mengusung konsep jepang otentik jadi saat kita masuk ke dalam restoran, pelayan sudah menyambut dengan ramah. 

Semua restoran juga begitu! Iya, tapi yang berbeda dari Asuka adalah keramahannya. Saat kita sudah duduk di kursi pun, pelayan yang lain akan segera memberi Menu, Kain Basah (khas dari restoran jepang, ini berguna untuk mengelap tangan dan wajah agar bersih) lalu ada menu yang bisa kita lihat dan memesan makanan. Dan taraaaaa.... minuman yang dimaksud adalah ocha tetapi ini semacam Boricha alias teh gandum. Enak dan bisa direfill loh sepuasnya. Bisa pilih mau yang dingin ataupun hangat. 

Sayangnya, para pelayan tidak memakai yukata ataupun pakaian khas jepang lainnya. Seragam wanitanya hanya berupa rok dan juga blouse beserta topi kain. Tetapi tidak mengurangi kelincahan para pelayan yang dengan sigap membawa menu dan makanan kepada pengunjung yang datang.


Menu Makanan

Kebanyakan dari menu yang ditawarkan adalah paket Bento (paket nasi khas jepang). Ada banyak main menu seperti Salmon Fry (paket berisi sajian ikan salmon), Jyu (paket berisi irisan sashimi atau ikan mentah segar), Meat Beef & Chicken (paket berisi olahan ayam dan daging, dengan menu paket lengkapnya), Sukiyaki (paket isi rebusan sayur dan daging), Ramen (mie ala jepang dengan kuah kaldu gurih yang khas) serta banyak varian lainnya.

Jujur, saya sendiri sering memesan paket Meat Beef & Chicken set. Karena menu tersebut yang paling disukai dan juga terjangkau sama dompet saya. Menu yang lainnya beberapa kali juga sudah coba tetapi kali ini saya ingin mereview menu yang paling kalian Wajib Coba. Biasanya saya dan juga suami selalu pesan menu berbeda agar bisa saling share (berbagi) bersama. Beberapa waktu lalu kami memesan 1 set Chicken Teriyaki dan 1 set Sukiyaki.



Kualitas Rasa

Buat yang baru pertama kali pesan, pasti kaget begitu 1 set menu datang. Dapetnya banyak banget!!! Iya 1 set Chicken Yakiniku yang kami pesan datang bersama dengan sajian pelengkapnya yang menggiurkan untuk dicoba. Potongan ayam fillet (dagingnya saja) yang digoreng lalu disiram saus teriyaki khas Asuka serta taburan wijen diatasnya. Lalu dipiring yang sama ada salad segar yang menggugah selera. Mayonaise untuk saladnya juga unik, perpaduan rasa manis, gurih khas Jepang. Dicampur dengan daun selada dan beberapa sayuran lainnya, menjadi pelengkap yang nikmat. Ada nasi putih yang harum dan pulen. Lalu semangkuk Miso Soup (sup tauco ala jepang) yang hangat dan rumput laut serta irisan tofu (tahu khas jepang) goreng. Ada juga semangkuk manisan kentang yang ada sedikit rasa gurih serta asin shouyu (kecap asin khas jepang). Acar lobak yang tak begitu asam dan tak lupa sebotol Yakult sebagai mencuci mulut. Tidak salah lagi, itu adalah 1 set menu yang kalian akan dapatkan jika memesan di Asuka Japanese Restaurant. Banyak kan? Iya banyak banget dan enak. Kalau saya paling suka mencampur nasi panas dengan sesendok Miso Soup yang hangat. Dijamin bakal ketagihan.


Selain 1 set Chicken Yakiniku, saya memesan 1 set Sukiyaki. Sukiyaki ini berisi tumis potongan lembaran daging sapi, tahu, berbagai jenis sayuran seperti daun bawang, wortel, lobak dan lain-lain di dalam saus manis khas Jepang. Dan lagi-lagi ini dalam porsi yang lumayan besar loh. Saya kira hanya disajikan ke Nabe (panci panas) kecil seperti di beberapa restoran di Jakarta. Akan tetapi, menurut saya, Sukiyaki ini cocok untuk menu makan 2 orang. Kuah manisnya sangat enak dan membuat hangat diperut terutama yang lagi kelaparan. Sayurannya segar dan dengan potongan besar. Dagingnya matang sempurna dan lembut digigitan pertama serta selanjutnya. 

Namanya kebiasaan orang Indonesia, kalau gak ada pedes-pedesnya, kurang mantap ya. Tenang, di meja sudah disediakan pelengkap buat kalian yang mau pedas. Togarashi (bubuk cabai ala Jepang) tersaji di botol merah. Ada garam serta shouyu(kecap asin ala Jepang). Kalaupun kurang pedas juga, harap maklum. Karena bagi orang Jepang, makanan yang terlalu pedas itu tidak menyehatkan. Di Jepang, semua makanan sudah ada standar penyajiannya serta bumbu juga. Tidak boleh terlalu banyak garam, gula ataupun yang MSG. Makanya bagi orang Indonesia yang berkunjung ke Jepang dan makan makanan disana, pasti rasanya hambar. 

Untuk kualitas rasa, saya benar-benar akan memberikan rekomendasi untuk datang ke Asuka Japanese Restaurant. Karena enak dan rasa otentik Jepang yang sesungguhnya ada disini. Buat yang baru pertama kali coba makanan Jepang pun akan menikmati cita rasa enak dan nikmat di restoran ini.


Desert ( Hidangan Penutup )

Udah makan kenyangpun, rasanya hambar sekali kalau belum ditutup dengan Desert (hidangan penutup). Benar ga? Kayanya nanggung ya kalau belum icip-icip hidangan penutup ala Jepang di Asuka Japanese Restaurant ini. Cukup banyak Desert yang disajikan seperti jus buah, ice cream, puding dan lain sebagainya. Tapi kami memutuskan untuk memesan 2 scoop Matcha Ice Cream (bubuk dari teh hijau jepang).


Lagi-lagi saya dibuat takjub akan porsi yang disajikan. 1 scoop (sendok ice cream) saja rasanya sudah cukup, tetapi kami pesan langsung 2 scoop. Kenapa pesan 2 scoop? Karena harga 1 scoop untuk 1 varian rasa adalah Rp. 35.000, nah kalau mau nambah 1 scoop lagi di varian rasa yang sama hanya tambah Rp. 10.000. Cukup murah kan buat porsi ice cream yang besar. Apalagi diatasnya ada whipecream yang banyak. Jadi menurut saya, 2 scoop Matcha Ice Cream seharga Rp. 45.000 masih cukup terjangkau. Akan tetapi kalau kalian mau memesan varian yang sama, penambahannya bukan Rp. 10.000 tetapi Rp. 35.000 karena di dalam 1 mangkok berbeda varian rasa. 

Nah gimana dengan rasa Matcha Ice Creamnya. Yang pasti enaaaaaaak banget. Gak nyesel uda pesen sebagai penutup makan siang di Asuka Japanese Restaurant. Karena Matcha yang sedikit rasa pahit berpadu dengan gurih dan lembutnya susu. Manisnya pas apalagi dicampur dengan whipecream diatasnya. Yakin gak nyesel loh. Wajib coba ya buat hidangan Ice Creamnya. Buat yang gak gitu suka Matcha, bisa coba varian rasa coklat dan juga vanilla.


Harga

Wajar rasanya kalau 1 set menu lengkap di bandrol dengan harga Rp. 75.000. Iya, gak salah baca ko. Beneran Rp. 75.000 untuk 1 set Chicken Yakiniku dan Rp. 85.000 untuk 1 set Sukiyaki. Dan itu sudah free teh dingin yang bisa di refill sesuka hati. Kisaran harga untuk menu Meat Beef & Chicken adalah Rp. 75.000 - Rp. 120.000. Kalau kalian ingin memesan ramen, harga 1 set menu Rp. 80.000. Untuk harga kurang lebih Rp. 200.000 (untuk 2 orang). Harga belum termasuk Tax (pajak) Restoran ya. Dan harga juga bisa beubah sewaktu-waktu.


Penilaian

Buat saya pribadi, Asuka Japanese Restaurant ini tempat makan favorite. Walaupun kami dari bekasi barat dan harus menempuh kurang lebih 1 jam menuju lokasi, tetapi tidak menyurutkan niat kami untuk menikmati berbagai hidangan disana. Mulai dari lokasi, pelayanan, dan harga, kami cukup puas. Ada berbagai kekurangan memang, tetapi rasanya tertutupi karena hidangan yang disajikan begitu nikmat. Untuk lokasi dan suasana, saya akan memberi nilai [8/10]. Untuk kualitas rasa sepertinya hampir sempurna karena saya akan memberi nilai [9/10]. Harga juga saya beri nilai [8/10].

Nah sebagai penutup, kalau kalian bosen karena lama menunggu makanan, bisa loh ambil beberapa tabloid or koran Jepang yang ada di sebelah Kasir. Nah kalau pun mau dibawa pulang juga boleh. Gratis loh. 





2 comments

Write comments
mida kafiah
AUTHOR
Senin, 08 Februari 2021 pukul 08.49.00 WIB delete

Halal ga ya? pengen banget ke asuka tiap kebetulan sy masih kerja dikawasan MM2100 tapi kok yaa maju mundur karna asuka kan terkenal autentik banget, sekalinya nyoba pernah di Matsuriya makan ramen nya enak banget karna sakit lapar nya dan di gedung BEFA hanya ada resto jepang, itu juga berani setelah nanya waiters nya ini Halal atau ga, katanya Halal nah kalau ke asuka belum nyoba. hehe

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
Kamis, 25 Maret 2021 pukul 08.51.00 WIB delete

Kemungkinan besar nggak halal karena di menunya ada makanan mengandung babi (orang Jepang Kantor saya, pesan makan siang di Asuka)

Reply
avatar