Tips Buat Kamu Yang Baru Pertama Kali Liburan Keluar Negeri

Rabu, Februari 27, 2019 0 Comments A+ a-


Tips Buat Kamu Yang Baru Pertama Kali Liburan Keluar Negeri. Pasti yang namanya liburan selalu identik dengan segala persiapannya. Kepengennya sih simple aja, tapi kalau liburannya keluar negeri, harus banyak yang dipersiapkan. Gak usah panik, persiapannya mudah dan simple ko. Yuk simak apa aja yang harus kamu persiapkan untuk liburan pertama kali keluar negeri.


Bukannya gak cinta akan keindahan alam Indonesia yang begitu kaya dan luas. Tetapi liburan keluar negeri juga perlu donk buat menambah wawasan. Apalagi kamu akan bertemu orang asing dengan bahasa serta kebudayaan mereka yang berbeda dari negara kita, Indonesia. Dan lagi, dengan liburan keluar negeri, kita jadi banyak belajar bukan hanya kebudayaan, tetapi bagaimana menikmati suasana berbeda terutama negara dengan 4 musim. Seru? Pasti seru banget. 

"Tapi saya baru pertama kali keluar negeri, gimana persiapannya?" Gak usah takut, perjalananmu akan mudah kalau kamu melakukan tips dibawah ini.

picture by : wikipedia.org
Membuat Paspor

Paspor adalah dokumen yang dikeluarkan pejabat berwenang dari suatu negara yang memuat identitas pemegangnya dan berlaku untuk melakukan melakukan perjalanan antar negara. Jadi paspor ini harus kamu punya kalau mau liburan dan pertama kali keluar negeri. Paspor ini sebagai bukti yang sah dan valid kalau kamu warga negara Indonesia dan bisa digunakan untuk liburan dan perjalanan pertamamu keluar negeri. Gimana cara buatnya? Gampang banget ko, kamu tinggal log in dan buat daftar via online di situs imigrasi terdekat di tempatmu tinggal. Kalau saya buatnya di KANTOR IMIGRASI BEKASI yang ada di Jl. Ahmad Yani No. 2 Bekasi. Proses pembuatannya kurang lebih 2 minggu setelah kamu mengisi formulir pembuatan paspor. Biaya dan lain-lain bisa kamu check di situs imigrasi daerah kamu ya. INGAT! HARUS URUS SENDIRI. TIDAK BOLEH LEWAT CALO.

picture by : travel.kompas.com
Ajukan Visa

Visa itu apa sih? Visa adalah sebuah dokumen izin masuk seseorang ke suatu negara yang bisa diperoleh di kedutaan di mana negara tersebut mempunyai Konsulat Jenderal atau Kedutaan Asing. Nah, visa ini wajib kamu ajukan kalau negara yang pertama kali kamu kunjungi mempunyai "syarat" ijin masuk. Hanya negara-negara di Asia Tenggara saja yang tidak memerlukan Visa untuk bisa datang dan berlibur di negara mereka. Kalau kamu mau berkunjung ke Jepang, Korea ataupun Negara-Negara Eropa, wajib banget mengajukan Visa. Di mana bisa mengajukan visa? Tentu aja di Kedutaan Besar negara yang mau kamu kunjungi. Kalau saya waktu itu mengajukan Visa Jepang di Kedutaan Besar Jepang Di Indonesia . Lama pembuatannya kurang lebih 2 minggu setelah kamu datang dan mengisi formulir. 

Khusus pengajuan visa, kamu harus benar-benar mencari info detail mengenai syarat apa saja yang harus kamu lampirkan. Karena kalau kamu kurang 1 saja dokumen, kamu terpaksa harus pulang dan datang lagi esoknya. Persyaratan dimasing-masing Kedutaan Besar berbeda. Kita harus patuhi sebagai syarat mutlak mengunjungi negara mereka. Ada beberapa Kedutaan Besar yang melakukan proses wawancara kepada calon pengaju visa. Ini dikarenakan peraturan ketat dari negara mereka. Kita harus patuh dan bersabar untuk mendapat visa tersebut. Pengalaman saya sendiri yang beberapa kali keluar negeri, memang agak rumit dokumen pengajuannya. Lebih dari 14 dokumen yang harus kita lampirkan. Tetapi jangan patah semangat dan takut ya. Kalau kalian punya dokumen lengkap dan saat wawancara pun lancar, visa akan keluar ko.


Beli Tiket Dan Memesan Penginapan

Udah pasti harus pesan tiket pesawat dan penginapan jika kamu pertama kali keluar negeri. Kecuali kalau kamu datang dengan memesan tiket kapal pesiar. Nah sewa penginapan pun sebisa mungkin dilakukan jauh-jauh hari sebelum berangkat ya. Karena dokumen pemesanan penginapan akan dimasukkan juga ke dalam formulir pengajuan visa. Kalau saya, selalu memesan penginapan yang dekat dengan pusat kota serta sarana transportasi. Jadi bisa lebih hemat pengeluaran tiket subway ataupun bus. Kecuali kamu punya saudara ataupun teman di luar negeri yang siap menampungmu dengan gratis. Buat yang mau hemat, usahakan beli tiket pesawat dan penginapan saat Travel Fair. Karena pada event itu, banyak travel agen yang berlomba-lomba memberi perawaran terbaik.

picture by : id.wikipedia.org
Kenali Negara Tempat Kamu Akan Liburan
   
 Hal pertama yang kamu lakukan adalah mengenal negara tempat tujuanmu berlibur. Gak perlu sampai peta biografis ataupun berapa jumlah propinsi di negara tersebut. Kamu harus cari tahu gimana cuaca disana. Apakah hanya ada 2 musim seperti di Indonesia, atau negara dengan 4 musim seperti di negara-negara Eropa dan Asia Timur. 

Ini penting banget loh dicari tahu. Jangan sampai kamu salah kostum saat mengunjungi negara 4 musim. Semisal kamu liburan ke Jepang di bulan Februari, tetapi kamu membawa perlengkapan baju musim panas. Saat kamu disana, bakal kedinginan, karena di Jepang, bulan November sampai akhir maret masih masuk musim dingin. 

Lalu kenali juga daerah tempat kamu akan menginap. Apakah masih di pusat kota ataupun sudah dipinggiran kota besar. Ini berpengaruh pada akomodasi yang harus kamu siapkan selama liburan di luar negeri.


Buat Rencana Perjalananmu (itinerary)

Namanya juga baru pertama kali keluar negeri, udah pasti harus disiapkan dengan matang donk. Karena dengan membuat rencana perjalanan, kamu juga bisa mengatur berapa budget yang akan dikeluarkan. Dalam rencana perjalanan ada juga list tempat wisata apa saja yang ingin sekali kamu kunjungi. Dan lagi-lagi tak lepas dari budget untuk akomodasi selama disana. Buat rencana dengan matang, kalaupun saat di luar negeri tidak sesuai dengan rencana, tidak usah kecewa. Siapa tahu akan terwujud di perjalanan keluar negeri selanjutnya.


Usahakan Hanya Membawa Barang-Barang Penting Saja

Buat kamu yang berencana liburan keluar negeri tapi mau tetap eksis, ingat ya "KAMU CUMA MAU LIBURAN BUKAN MAU PINDAHAN" . Jadi bawalah barang yang penting-penting saja. Hal yang wajib adalah pakaian serta alas kaki. Jika kamu ada rencana untuk mencuci baju (entah mencuci di wastafel hotel atau laundry hotel dll), bawalah pakaian sedikit saja. Bawalah alas kaki yang sering kamu gunakan sehari-hari. Hindari sepatu atau sendal yang baru pertama kali kamu beli untuk dibawa keperjalanan liburanmu. Kenapa? Karena sepatu dan sendal butuh adaptasi beberapa waktu lamanya untuk bisa nyaman dan lentur di kakimu. Kalau kamu pakai sendal atau sepatu baru, bisa jadi kamu mengalami lecet atau tidak nyaman lainnya. Nah untuk kosmetik dan perlengkapan mandi. Bawalah dalam bentuk wadah botol kecil kurang dari 100 ml ya. Karena di dalam bagasi pesawat ada ketentuan dilarang membawa benda cair lebih dari 100 ml. 

picture by : fsmnews.com

Tukarkan Uang

Persiapan penting lainnya adalah Uang. Tentu saja kalau kamu mau bertahan di negara lain, harus punya mata uang tersebut kan! Nah pastikan kamu menukar uang jauh hari sebelum keberangkatanmu ya. Uang rupiahmu bisa ditukarkan di Money Changer terdekat. Pastikan nilai kurs saat itu dan tukar sesuai budget yang kamu butuhkan. Jangan lupa persiapkan uang untuk keadaan darurat dan jangan ditaruh di dompet utamamu ya. Sebisa mungkin dikantung tas ataupun bajumu. 


Tipsnya sampai disini dulu ya. Intinya, kalian gak usah takut dan panik kalau liburan pertama kali keluar negeri. Terutama buat kalian yang melakukan Backpacker sendiri atau hanya dengan beberapa teman. Saya sendiri lebih senang melakukan perjalanan liburan dengan Backpacker. Tidak pakai paket liburan manapun. Serunya adalah jika kita tersesat dan harus bertanya dengan penduduk lokal. Kita jadi tahu bagaimana mereka berinteraksi dengan orang asing. Walau semisal kita liburan ke malaysia yang serumpun dengan kita, tetapi saja kita adalah orang asing dari negara yang berbeda. Usahakan kalian bisa berbahasa inggris ataupun bahasa di negara kalian kunjungi. Kalau sulit menghapal, bawa saja kamus saku.

Tetaplah sopan dan jaga kebersihan. Tidak seperti di Indonesia, beberapa negara ada yang memakai aturan ketat tentang kebersihan. Bahkan kalau kamu buang sampah sembarangan di negara Singapura, kamu akan di denda sebesar lima ratus ribu rupiah loh. Kalian liburan pun membawa nama Indonesia. Pastikan jaga nama baik Indonesia juga ya. 

Selamat liburan dan jangan lupa bersyukur.